Pages

Labels

SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN DAN MADRASAH



A.   SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN

Pada tanggal 30 November 1985 beberapa tokoh masyarakat yang tergabung dalam wadah organisasi Persatuan Warga Sungayang (PWS) yang bertempat tinggal di sekitar wilayah Kecamatan Tanjung Bintang mempunyai inisiatif untuk mendirikan/ membentuk Yayasan Pendidikan Islam.

Pada tanggal tersebut para tokoh yang dimaksud menghadap ke notaris Imran Ma’ruf, SH. Untuk membuat  Akte  Notaris tentang keberadaan Yayasan yang dimaksud tersebut.

Adapun tujuan utama dari Yayasan ini adalah berkeinginan untuk mendirikan  suatu lembaga pendidikan yang bercorak keislaman. Hal ini dilatar belakangi karena di daerah Kecamatan Tanjung Bintang adalah merupakan salah satu daerah tujuan/sasaran kristenisasi. Kondisi ini apabila tidak dibendung dengan cara menggalang segenap potensi yang ada dalam masyarakat, merupakan aancaman yang sangat berbahaya terutama bagi para generasi muda.

Dengan latar belakang tersebut, maka dengan usaha yang tak kenal lelah beberapa tokoh tersebut berhasil mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ikhlas, dengan Akte Notaris Nomor: 158 Tahun 1985.

B.   SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

Dengan berbekal semangat dan Akte Notaris Yayasan yang telah di dapat, para pengurus Yayasan segera menggalang potensi-potensi yang ada di dalam masyarakat untuk bersama-sama mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bercorakan keislaman.

Melalui musyawarah yang berlangsung secara simultan (Beberapa Kali) disepakati untuk mendirikan Madrsah Tsanawiyah (MTs). Hal ini selain untuk membendung masuknya pengaruh aqidah non Islam juga sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam rangka menyukseskan program wajib belajar. Sekaligus untuk membantu warga sekitar Kecamatan Tanjung Bintang untuk melanjutkan pendidikan kejenjang SLTP. Karena pada saat itu baru ada satu sekolah SLTP yang ada di sekitar Kecamatan Tanjung Bintang, itupun merupakan SLTP umum. Selain itu warga disekitar Kecamatan Tanjung Bintang masih banyak yang masuk katagori dhu’afa. Oleh karena itu dengan berdirinya MTs Al-Ikhlas dapat memberikan konstribusi dalam membantu mereka, ksususnya terhadap anak-anak yang tidak mampu.

Berdasar pemikiran tersebut, maka pada tanggal 20 Februari 1986 berdirilah MTs. Al-Ikhlas yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Ikhlas Desa Jati Baru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung  Selatan.

MTs Al-Ikhlas tersebut didirikan/dibangun di atas tanah wakaf atas nama Bapak Haskim dan sebagian lagi di beli dari masyarakat dengan cara patungan. Satu unit gedung belajar merupakan wakaf bangunan dari Bapak H.Badri Karim, satu unit Kantor wakaf dari Bapak H. Safri Noer dan satu unit Musholla wakaf dari Bapak H. Azis Yasin.

Sejak awal berdiri hingga sekarang ini keberadaan siswa Madrasah mengalami pasang surut. Hal ini disebapkan oleh dari kurangnya sarana dan fasilitas penunjang kegiatan belajar dan mengajar siswa.

Untuk itu demi perkembangan dan masa depan keberadaan MTs Al-Ikhlas kami mohon bantuan dan arahan dari semua pihak untuk melengkapi sarana dan fasilitas yang dimaksud tersebut. Semoga perjuangan kita bersama ini selalu mendapat ridho Allah SWT. Amiin.