Pages

Labels

HOTSPOT SEKOLAH

MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang kini telah dilengkapi dengan Hotspot Area untuk akses internet. Siswa-siswi MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang dapat menggunakan fasilitas Hotspot ini untuk kepentingan belajar serta untuk menambah informasi dan pengetahuan melalui internet. Dengan fasilitas ini, siswa juga dapat mempraktekkan E-Learning. Siswa-siswi dapat memanfaatkan fasilitas internet ini dengan gratis (free) tanpa dikenakan biaya sewa.

MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang menawarkan nilai plus dari sekolah lain, siswa diperbolehkan membawa laptop yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam kegiatan berinternet. Siswa bebas menggunakan internet Hotspot dari jam 07:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB. Tentu, pemakaian internet untuk siswa ini dibatasi dengan Content Filtering dari blog atau situs-situs yang negatif.

Dunia pendidikan saat ini banyak sekali yang menggunakan sistem manajemen sekolah berbasis komputer atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Sekolah. Teknologi yang dipakai juga sangat beragam, dari sistem informasi berbasis desktop hingga yang dikembangkan dengan teknologi berbasis web.

Sistem yang dibangun akan sangat bermanfaat, jika dapat digunakan oleh banyak pengguna (multiuser), untuk penggunaan di sekolah akan memungkinkan sistem diakses oleh guru, karyawan, siswa maupun Orang tua. Jaringan komputer adalah salahsatu faktor pendukung yang mutlak diperlukan sebagai infrastruktur pendukung sistem ini. Perkembangan teknologi jaringan komputer yang semakin canggih, memungkinkan interkoneksi dapat dilakukan tanpa media penghubung secara fisik, atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Wireless Connection.

Teknologi jaringan wireless tersebut saat ini trend dengan nama Hotspot. Banyak tempat-tempat umum (seperti bandara, lobi hotel dan cafe) yang menyediakan fasilitas Hotspot sebagai sarana pendukung.

Hotspot sesuai namanya mungkin dapat diartikan sebagai layanan Wifi atau Wireless LAN yang dapat digunakan untuk area privat ataupun umum. Di sekolah, area HotSpot yang di lingkupi oleh Wireless LAN tersebut tersambung kesebuah server lokal yang memberikan layanan koneksi ke aplikasi Sistem Manajemen Sekolah berbasis web, dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang berada di lingkungan sekolah karena area Hotspot memiliki jangkauan yang terbatas.

HotSpot yang berada di suatu area sekolah, tentunya layanan akan ditujukan untuk siswa, guru atau karyawan sekolah tersebut. Untuk mengurangi kemungkinan agar akses tidak dilakukan oleh pihak yang bukan dari instansi tersebut, maka diperlukan sebuah Public Key yang diacak dengan kode tertentu yang dapat digunakan oleh pengguna di lingkungan sekolah tersebut untuk masuk kejaringan Wifi tersebut.

Hotspot yang tersedia akan banyak mengurangi ketergantungan akan kabel jaringan, memudahkan akses dan koneksi dari mana saja di area Hotspot dan yang paling penting adalah informasi akan dapat diakses dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Untuk menggunakan Hotspot di MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang dengan laptop, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri kepada Bapak Ahmad Mu’anafi Hadi, S.Kom. untuk mendapatkan username /ID untuk login ke Hotspot. Salam.