Pages

Labels

MTs Al-Ikhlas Adakan Pemilihan Ketua OSIS Ala-Pilkada

MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan, Selasa 13 Oktober 2015 melakukan pemilihan ketua OSIS untuk periode 2015/ 2016 dengan cara melakukan pemilihan langsung ala Pemilu. Pemilihan Ketua OSIS ini dilaksanakan di Aula Serba Guna MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang yang disaksikan langsung oleh Bapak Kepala Madrasah.


Ketua panitia pemilihan Anisa Usyifa mengatakan, “Pemilihan ala Pemilu tersebut sudah kedua kalinya digelar di MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan. Sebelumnya, pemilihan hanya dilakukan biasa-biasa saja. Ini kali kedua, kami dari siswa ingin belajar berdemokrasi,” ujarnya.


Pada pemilihan ini, kata Bapak Yopi Permana, S.Pd. semuanya di atur oleh Komisi Pemilihan OSIS (KPO) yang dipilih secara independen sebelum pemilihan langsung digelar. Untuk menentukan calon ketua OSIS, dilakukan penyaringan terlebih dahulu layaknya penyaringan calon bupati. Ada mekanisme, ada penyaringan calon ketua OSIS melalui beberapa tahapan, ujian tulis, wawancara. Tata cara pemilihan seperti ini sudah diatur dalam Undang-undang 39 Tahun 2008 Tentang Kesiswaan. Intinya proses pemilihan mulai dari tata cara pendaftaran calon, penyampaian visi dan misi, kampanye, proses pemilihan sama dengan proses Pemilu di Indonesia.
Pada pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kali ini yang menarik, ada 5 (lima) pasang calon. Kelima calon tersebut adalah sebagai berikut:

Nomor urut 1 : Putri Novita Sari & Bela Ika Saputri
Nomor urut 2 : Febita Shafa Lembhasi & Rizqi Nur Hidayat
Nomor urut 3 : Riskiya Anjelita & Nuriyana Amila Putri
Nomor urut 4 : Intan Aprilia Maharani & Zania Kaulika
Nomor urut 5 : Siti Rahayu & Putri Ramadhani
Pemilihan ketua OSIS terasa seperti pilkada, pasalnya, peralatan pemilu lengkap tersedia. Mulai dari kertas suara, bilik maupun kotak suara hingga tinta untuk menandai pemilik suara yang sudah memberikan haknya dalam pemilihan.

Dalam Pemilihan Ketua OSIS ini, terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua adalah pasangan dari Febita Shafa Lembhasi & Rizqi Nur Hidayat, dengan perolehan suara secara rinci sebagai berikut:

Nomor urut 1 : Putri Novita Sari & Bela Ika Saputri = 98 suara
Nomor urut 2 : Febita Shafa Lembhasi & Rizqi Nur Hidayat = 158 suara
Nomor urut 3 : Riskiya Anjelita & Nuriyana Amila Putri = 43 suara
Nomor urut 4 : Intan Aprilia Maharani & Zania Kaulika = 83 suara
Nomor urut 5 : Siti Rahayu & Putri Ramadhani = 84 suara


Semoga, Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang telah terpilih, bisa bekerja lebih baik dari periode yang sebelumnya, guna kemajuan MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan.