Pages

Labels

MASJID



 Masjid adalah sarana yang sangat vital dalam proses pembelajaran di sekolah, terutama pembelajaran tentang ke-Islaman. Masjid bagi MTs. Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan adalah bangunan kedua setelah ruang kelas. Berbagai kegiatan keagamaan sangat tepat apabila dilakukan di masjid, seperti praktik shalat, baik shalat wajib maupun sunnah, tadarus, dan lain-lainya.

Pembelajaran agama yang dilakukan di masjid akan lebih menanamkan perasaan dan susana keagamaan (religiusitas) pada anak didik. Hal ini karena anak terlibat secara langsung dengan simbol-simbol keagamaan yang ada. Sesungguhnya, menumbuhkan rasa keberagamaan inilah yang sangat penting jika dibandingkan dengan materi-materi pengetahuan agama yang lebih menekankan kognisi siswa.

Masjid juga menjadi salah satu bagian dari sarana ajang ekspresi siswa melalui kegiatan Rohani Islam ataupun studi Islam yang dilakukan di sekolah. Lebih dari itu masjid juga merupakan simbol dari adanya masyarakat Islam, sebagaimana yang dilakukan Nabi Muhammad ketika hijrah ke Madinah, maka yang Beliau lakukan pertama adalah mendirikan Masjid sebagai upaya mempersatukan umat.